Facebook adalah Jejaring Masalah?

Posted by Unknown On Kamis, 11 April 2013 0 komentar

Ilustrasi © Dailymail.com
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh VitalSmarts menyebutkan bahwa Facebook adalah salah satu sumber dari masalah.

Dalam hal ini yang dimaksud masalah adalah berubahnya tingkat kepribadian seseorang menjadi lebih kasar, tidak sopan dan seringnya terjadi pertengkaran di dunia virtual dan berlanjut di dunia nyata.

Daily Mail (10/04) menuliskan bahwa sekitar 78 persen dari 2698 sukarelawan mengatakan bahwa mereka menjadi gampang marah, hilang kesabaran, mudah emosi, kasar dan tidak sopan terhadap orang lain.

Bahkan tidak sedikit yang mengatakan bahwa mereka tidak jarang bertengkar dengan teman atau kerabat mereka yang ada di friendlist Facebooknya.

Lebih dari itu, pertengkaran yang semula hanya terjadi di Facebook melalui saling berbalas komentar menjadi meluas dan berlanjut di dunia nyata.

"Dunia (peradaban) telah berubah. Uniknya, banyak orang yang mengatakan bahwa terlalu kecanduan dengan jejaring sosial itu buruk, namun mereka tetap melakukannya," ujar Joseph Grenny dari VitalSmarts.

Penelitian lain juga pernah menyebutkan bahwa tidak hanya pertengkaran atau berubah menjadi 'liar,' Facebook atau platform sejenisnya juga dapat merusakkan hubungan percintaan.

Tidak sedikit laporan yang menyebutkan bahwa muncul perselingkuhan yang diawali dari pertemanan di Facebook.

So, semua kembali ke tangan sang pemilik account bagaimana harus lebih bijak dalam mengatur waktu, menjaga perasaan dan segalanya. Internet dan jejaring sosial hanyalah sarana untuk saling mengakrabkan antarsatu dengan lain bukan sebagai media pemecah belah.

Source : Dwi Andi Susanto

Semoga artikel Facebook adalah Jejaring Masalah? bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar