Perpus Keliling Cargill Hadir di Ketapang

Posted by Unknown On Kamis, 11 April 2013 0 komentar

Foto : Perpustakaan Keliling Cargill di Ketapang, Kalimantan
Buku adalah jendela dunia. Lewat buku masyarakat dapat mengetahui menjelajah dunia dan memperkaya wawasan. Namun, tidak semua wilayah Nusantara memiliki akses yang luas untuk memiliki buku yang dapat menunjang pendidikan mereka.  
Menyadari hal tersebut, Cargill meluncurkan perpustakaan keliling di Kabupaten Ketapang di Kalimantan, Indonesia. Perpustakaan keliling ini akan memberi kemudahan bagi para siswa dari beberapa sekolah di kabupaten tersebut, termasuk Manis Mata, Air Upas, dan Kendawangan, untuk mendapatkan berbagai buku dalam bahasa Inggris dan Indonesia.

Perpustakaan keliling senilai Rp485 juta itu diluncurkan secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Ketapang Mansyur dan Presiden Direktur PT Harapan Sawit Lestari Ong Kee Chau. Pendirian perrpustakaan ini merupakan sumbangan dari para pegawai Cargill di Indonesia, serta dukungan dari beberapa lembaga swadaya masyarakat dan badan pemerintahan seperti Persatuan Guru Indonesia dan Dinas Pendidikan Ketapang.

Sebanyak 500 jenis buku dengan beragam pilihan ada di perpustakaan keliling tersebut. Mulai dari buku non-fiksi seperti buku mengenai bahasa dan sains, pengetahuan umum dan pelajaran kemandirian, hingga buku-buku fiksi seperti sastra dan fiksi remaja. Koleksi buku-buku ini tersedia untuk semua siswa, guru, dan anggota masyarakat sekitar di Kabupaten Ketapang.

“Sekolah-sekolah di daerah ini memiliki akses yang terbatas untuk mendapatkan buku-buku di luar dari yang tersedia di sekolah. Dengan perpustakaan keliling ini guru-guru dapat meningkatkan pelajaran dengan materi-materi tambahan, sehingga mendorong terciptanya budaya membaca di kalangan siswa-siswa kami,” kata Guru SMAN Manis Mata Qurriyah, seperti dilansir dari siaran pers yang diterima Okezone, Kamis (22/11/2012).

Perpustakaan keliling ini mulai beroperasi di sekitar Kabupaten Ketapang sejak Oktober 2012. Para siswa dari berbagai sekolah di daerah tersebut dapat mengunjungi perpustakaan ini dan meminjam buku. Selain meminjamkan buku, perpustakaan keliling ini juga memiliki kelengkapan untuk menjadi platform keliling untuk menyelenggarakan berbagai diskusi umum bagi masyarakat mengenai berbagai topik, misalnya kesehatan dan keselamatan.

Presiden Direktur PT Harapan Sawit Lestari Ong Kee Chau menyebutkan, tindakan ini merupakan komitmen Cargill untuk terus memberikan dukungan bagi masyarakat setempat. Dengan meningkatkan akses terhadap pendidikan, dia berharap perpustakaan keliling tersebut dapat menanamkan budaya membaca di kalangan siswa sekolah.

"Merupakan sebuah kehormatan bagi kami untuk bisa menjalankan proyek bernilai yang akan memberikan manfaat bagi 2.300 siswa di 15 sekolah di kabupaten ini serta kalangan masyarakat yang lebih luas,” imbuh Ong Kee Chau.

Source : Okezone

Semoga artikel Perpus Keliling Cargill Hadir di Ketapang bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar